SENI RUPA


SENI RUPA

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.

Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts. sumber : (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1  SENIRUPA MURNI

gb.1 Seni lukis

A. Seni lukis lukis

adalah hasil kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.

(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

MENGAMATI MELUKIS DENGAN PASIR

Gb.2 Seni Grafis

B. Seni grafis

adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai ‘impression’. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan , secara teknis disebut dengan matrix. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, di masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.

(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

gb. 03 SENI PATUNG

C. Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

Gambar disamping adalah patung yang dibuat dengan menggunakan bahan barang habis pakai.

http://www.youtube.com/watch?v=FIJXl6uxIUY&feature=related

Melihat dan Mengamati salah satu teknik membuat patung

 

gb.4 Seni Instalasi

 

 

D. SENI INSTALASI

Karya instalasi terasa asing ditelinga kita, apalagi untuk siswa SMP namun demikian ternyata ada Salah satu SMP yang telah melaksanakan pembelajaran instalasi. (Pengalaman Sekolah )

 

Seni instalasi (installation = pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.

Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, suara, cahaya, gerak dan interaksi spektator (pengunjung pameran) sebagai konsepsi akhir dari olah rupa

gb.5. Seni Pertunjukan

E. SENI PERTUNJUKAN

Kita tentu pernah melihat pertunjukan wayang kulit, wayang orang, teater, sulap atau pertunjukan lainnya. saat sekarang seni pertunjukan sebagai ungkapan kreatifitas bagi anak-anak TK, dan SD untuk memperingati HUT RI, pertunjukan juga sering kita lihat pada saat perpisahan sekolah, ataupun kegiatan lainnya., (klik gambar seni pertunjukan di samping kanan untuk melihat seni pertunjukan lebih banyak)

Seni pertunjukan (Bahasa Inggris: performance art) adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

Meskipun seni performance bisa juga dikatakan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teater, tari, musik dan sirkus, tapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih dikenal dengan istilah ‘seni pertunjukan‘ (performing arts). Seni performance adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer.(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

 

F. (Seni Keramik),

Beberapa gambar bukan merupakan senirupa murni, misalnya seni keramik yang difungsikan untuk tempat payung, keramik itu bukan seni murni tetapi lebih berfungsi untuk diterapkan satau dipakai.

G. (seni film),

saya terus terang tidak mempunyai kapasitas menulis tentang “seni film” namun demikian sebagai gantinya saya arahkan pada alamat webfilm indonesia(klik saja gambarnya)

H. (seni koreografi),

Vidio seni kareografi Indonesia pada saat mengikuti sebuah lomba tingkat dunia. coba klik vidionya, dan jika gambarnya putus-putus, unduh dengan instal lebih dulu DM, klik bagian atas kanan untuk mengunduh. semoga menghibur.

I. (Fotografi).

2. Desain

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

Desain dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Desain grafis (klik gambar untuk contoh lebih banyak)

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Desain Interior (klik gambar untuk melihat contoh lebih banyak)

Desain interior diartikan sebagai tata ruang, atau proses penataan di dalan ruang. bagi yang ingin mengetahui banyak saya lingk keblog di bawah ini :

Antara Desain interior dan Dekorasi, Studi perbandingan,Dwi Retno Sri Ambarwati

Desain busana (klik gambar)

Desain busana

Desain berasal dari Bahasa Inggris (design) yang berarti “rancangan, rencana atau reka rupa”. Dari kata design muncullah kata desain yang berarti mencipta, memikir atau merancang. Dilihat dari kata benda, “desain” dapat diartikan sebagai rancangan yang merupakan susunan dari garis, bentuk, ukuran, warna, tekstur dan value dari suatu benda yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip desain. Selanjutnya dilihat dari kata kerja, desain dapat diartikan sebagai proses perencanaan bentuk dengan tujuan supaya benda yang dirancang mempunyai fungsi atau berguna serta mempunyai nilai keindahan.
Desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda seperti busana. Desain dihasilkan melalui pemikiran, pertimbangan, perhitungan, cita, rasa, seni serta kegemaran orang banyak yang dituangkan di atas kertas berwujud gambar. Desain ini mudah dibaca atau di pahami maksud dan pengertiannya oleh orang lain sehingga mudah diwujudkan ke bentuk benda yang sebenarnya.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa desain merupakan bentuk rumusan dari suatu proses pemikiran, pertimbangan dan perhitungan dari desainer yang dituangkan dalam wujud gambar.

Desain produk Desain produk

Desain Web

Web Desain

ArsitekturDesain grafisDesain interiorDesain busanaDesain produk

3. Kriya

Kriya tekstilKriya kayuKriya keramikKriya rotan

Satu tanggapan

7 09 2010
dianvalen

luangkan waktu sejenak, untuk menulis kesan, pesan, tanggapan dan harapan di blog ini, saya akan berterimakasih sekali…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: